Rabu, 21 Agustus 2013

Spesifikasi KTM RC390, Bobot Ringan Tenaga Besar


source : gilamotor.com

Spesifikasi KTM RC390, Bobot Ringan Tenaga Besar GILAMOTOR.com – Apa jadinya jika parbikan motor Eropa kerjasama dengan pabrikan motor India untuk memproduksi motor yang beroriantasi pada performa,
kelas entry level dengan harga kompetitif? Penulis menyebut itu brilian. Tapi KTM menyebutnya RC390. Motor itu punya bobot yang ringan, murah, cepat. Tahun depan motor itu akan dijual ke berbagai negara untuk bersaing dengan motor sport Jepang sekelasnya.
Saat ini, RC390 dihadirkan KTM untuk terjun di kejuaraan ADAC Junior Cup Series. Tapi tahun depan motor ini akan hadir versi produksi masalnya. Kata CEO KTM, Stefan Pierer, motor ini dikembangkan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kualitas dan performa teratas.
Bicara masalah harga, motor-motor KTM yang dijual di Indonesia memang punya harga lumayan tinggi. Tapi untuk yang satu ini, masalah harga rasanya bisa dikesampingkan asal sampean punya dana cukup untuk memboyongnya ke garasi rumah. Kalau nggak punya, mari kita mimpikan dulu motor ini, siapa tahu mimpi akan jadi nyata.
Dari segi bobot dan tenaga, motor ini lebih ringan dibanding motor merek Jepang di kelas yang sama. Dikatakan KTM, dengan kondisi tangki kosong bobotnya cuma 306 pounds, sementara motor Jepang di kelasnya mencapai 390 pounds. Tenaga KTM RC390 mencapai 38 bhp sementara kompetitornya sekitar 35 hp. Kalau dihitung perbandingan bobot dengan tenaga, jelas KTM jauh lebih menjanjikan. Tenaga besar dengan bobot ringan motor akan lebih gampang ngacir.
KTM RC390 dibekali mesin 373cc, silinder tunggal, DOHC, 4 katup, berpendingin cairan dengan sistem pembakaran injeksi. Sasisnya pakai rangka trellis. Suspensi depannya sudah pakai upside-down dan monoshock di belakang.
Pesifikasi KTM RC390 2014
Engine: Liquid-cooled, fuel-injected, single-cylinder, DOHC, 4-valve, 373cc
Power: 38bhp
Chassis: Tubular steel trellis frame
Suspension: 43mm WP USD fork, WP monoshock
Brakes: Single 300mm disc with 4-piston caliper (front), single 230mm disc (rear)
Wheels and Tyres: 17-inch cast aluminium wheels, 110/70 (front) and 150/60 (rear) tyres
Exhaust: Akrapovic titanium silencer
Fuel tank capacity: 9.5 litres
Weight: 130kg

0 komentar:

Posting Komentar