PENDAHULUAN
Pada
komputer yang kita gunakan sehari – hari biasanya akan terjadi masalah atau
ketidak normalan. Komputer yang bermasalah tersebut akan ditroubleshooting atau
diatasi permasalahanya. Pada umumnya troubleshooting komputer dibagi menjadi
dua jenis yaitu hardware troubleshooting dan software troubleshooting.
Troubleshooting
hardware biasanya ditandai dengan monitor yang mati, komputer yang tidak mampu
menyala dan banyak lagi contohnya. Sedangkan software troubleshooting
ditandai dengan kinerja komputer yang lambat dan lain – lain. Dan juga
tidak menutup kemungkinan gejala – gejala yang ditimbulkan oleh software
seperti lambatnya kinerja komputer juga bisa dikarenakan permasalahan dari
hardware komputer tersebut.
Cara
mengatasi problem atau melakukan troubleshooting standard pada komputer bisa
dikatakan seperti pertolongan pertaman pada komputer. Menganalisa masalah yang
terjadi pada komputer dan melakukan solusi yang dapat dilakukan pada komputer
tersebut.
HARDWARE
TROUBLESHOOTING
Dalam
dunia komputer, segala sesuatu masalah yang berhubungan dengan komputer disebut
Troubleshooting dan timbulnya masalah dalam komputer tentu ada sebabnya. Pada
kesempatan ini kita akan sedikit belajar untuk mendeteksi masalah pada komputer
terutama yang berhubungan dengan Hardware.
Perangkat
keras (hardware) merupakan salah satu element dari sistem komputer, suatu alat
yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung
proses komputerisasi. Dalam bahasa Indonesia disebut dengan perangkat keras.
Merupakan perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik,
seperti perangkat perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat
keluaran. Peralatan ini umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan
perintah yang ada padanya, yang disebut juga dengan instruction set. Dengan
adanya perintah yang dimengerti oleh mesin, maka perintah tersebut melakukan
berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga
mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan
olehnya.terdapat beberapa komponen dasar komputer yang wajib dimiliki agar
beroprasi dengan baik.
Terdapat
dua macam teknik dalam mendeteksi permasalahan dalam komputer, yaitu teknik
Forward dan teknik Backward. Untuk lebih mengenal kedua teknik tersebut, ada
baiknya kita bahas terlebih dahulu definisi dari masing-masing teknik tersebut.
- Teknik Forward
Sesuai
dengan namanya, maka dalam teknik ini segala macam permasalahan dideteksi
semenjak awal komputer dirakit dan biasanya teknik ini hanya digunakan oleh
orang-orang dealer komputer yang sering melakukan perakitan komputer. Pada
teknik ini hanya dilakukan pendeteksian masalah secara sederhana dan dilakukan
sebelum komputer dinyalakan (dialiri listrik). Untuk mempermudah silakan simak
contoh berikut :
- Setelah komputer selesai dirakit, maka dilakukan pemeriksaan pada semua Hardware yang telah terpasang, misalnya memeriksa hubungan dari kabel Power Supply ke soket power pada Motherboard.
- Untuk casing ATX, kita periksa apakah kabel Power Switch sudah terpasang dengan benar.
- dsb.
2. Teknik Backward
Hampir
sama dengan teknik sebelumnya, teknik Backward adalah teknik untuk mendeteksi
kesalahan pada komputer setelah komputer dinyalakan (dialiri listrik). Teknik
lebih banyak digunakan karena pada umumnya permasalahan dalam komputer baru
akan timbul setelah “jam terbang” komputernya sudah banyak dan ini sudah
merupakan hal yang wajar. Dapat kita ambil beberapa contoh sebagai berikut :
- Floppy Disk yang tidak dapat membaca disket dengan baik.
- Komputer tidak mau menyala saat tombol power pada casing ditekan.
- dsb.
Tabel
Pendeteksian Masalah
Setelah
penjelasan sederhana dari kedua teknik tersebut akan dibahas lebih dalam lagi
ke teknik Backward, karena bagi pengguna komputer rumahan tentunya teknik ini
lebih banyak akan digunakan ketimbang teknik Forward. Untuk lebih mempermudah
dalam pendeteksian masalah pada komputer Anda, silakan simak tabel berikut :
No
Komponen Pendeteksian Masalah
1
Power Supply Analisa Pengukuran
2
Motherboard
3
Speaker
4
RAM
Analisa Suara
5
VGA
Card + Monitor
6
Keyboard Analisa Tampilan
7
Card
I/O
8
Disk
Drive
9
Disket
Analisa
Pengukuran
Pada
tahapan ini, pendeteksian masalah dengan cara mengukur tegangan listrik pada
komponen nomor 1 sampai 3. Gunakan alat bantu seperti multitester untuk
mengukur tegangan yang diterima atau diberikan komponen tersebut.
Contoh
: Mengukur tegangan listrik yang diterima oleh Power Supply, lalu mengukur
tegangan yang diberikan oleh Power Supply ke komponen lainnya.
Analisa
Suara
Pada
tahapan ini pendeteksian masalah menggunakan kode suara (beep) yang dimiliki
oleh BIOS dan dapat kita dengar lewat PC Speaker. Pastikan kabel PC Speaker
sudah terpasang dengan baik. Kemungkinan letak permasalahan ada di komponen
nomor 4 dan 5. Untuk mempermudah pengenalan kode suara tersebut, silakan simak
keterangan berikut :
- Bunyi beep pendek satu kali, artinya sistem telah melakukan proses Boot dengan baik.
- Bunyi beep pendek 2 kali, artinya ada masalah pada konfigurasi atau seting pada CMOS.
- Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 1 kali, artinya ada masalah pada Motherboard atau DRAM.
- Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 2 kali, artinya ada masalah pada monitor atau VGA Card.
- Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 3 kali, artinya ada masalah pada Keyboard.
- Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 9 kali, artinya ada masalah pada ROM BIOS.
- Bunyi beep panjang terus-menerus, artinya ada masalah di DRAM.
- Bunyi beep pendek terus-menerus, artinya ada masalah penerimaan tegangan (power).
- Pada beberapa merk Motherboard akan mengeluarkan bunyi beep beberapa kali apabila temperatur processornya terlalu tinggi (panas).
Catatan
: kode bunyi beep diatas berlaku pada AWARD BIOS, untuk jenis BIOS yang lain
kemungkinan memiliki kode bunyi beep yang berbeda.
Analisa
Tampilan
Pada
tahapan ini pendeteksian masalah cenderung lebih mudah karena letak
permasalahan dapat diketahui berdasarkan pesan error yang ditampilkan di
monitor. Kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 6 sampai 9.
Contoh
: Pada saat komputer dinyalakan tampil pesan Keyboard Error, maka dapat
dipastikan letak permasalahan hanya pada Keyboard.
Cara
Cepat Mengenali Troubleshooting
- Apabila terjadi masalah dan sistem masih memberikan tampilan pesan pada monitor atau disertai dengan bunyi beep 1 atau 2 kali, maka kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 6 sampai 9, yaitu pada Keyboard, Card I/O, Disk Drive dan Disket.
- Apabila terjadi masalah dan sistem memberikan kode bunyi beep lebih dari 2 kali, maka kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 4 dan 5, yaitu RAM, VGA Card dan Monitor.
- Sedangkan untuk masalah yang tidak disertai pesan pada monitor atau kode bunyi beep, kemungkinan besar letak permasalahan ada di komponen nomor 1 dan 2, yaitu Power Suplly dan Motherboard.
Dengan
kedua macam teknik dalam pendeteksian maslah dalam komputer tersebut, tentunya
akan lebih memperkaya pengetahuan kita di bidang komputer, jadi jika suatu saat
terdapat masalah pada komputer Anda kita dapat melakukan pemeriksaan terlebih
dahulu sebelum membawa ke tempat servis, kalaupun harus membawa ke tempat
servis kita sudah mengerti letak permasalahannya, jadi kita tidak dibohongi oleh
tukang servis yang nakal
Dengan
pemahaman troubleshooting komputer yang lebih dalam tentunya akan lebih
mempermudah kita untuk mengetahui letak permasalahan dalam komputer dan
tentunya akan lebih menyenangkan apabila kita dapat memperbaiki sendiri permasalahan
tersebut.
SOFTWARE TROUBLESHOOTING
Jika
diamati dengan baik, masalah yang sering muncul pada software komputer ada 3
kelompok besar.
- Proses POST (Power on Self Test) tidak jalan sempurna, sehingga tidak bisa masuk ke proses operating system. Pada permasalahan ini, komputer tidak mampu menghidupkan komputer sama sekali. Biasanya dikarenakan kesalahan penempatan hadware komputer atau bisa juga hardware komputer yang kita gunakan tidak sesuai dengan aspek komputer kita. Beberapa permasalahan yang sering muncul antara lain:
- Komputer mati
- Komputer hidup tapi blank atau tidak ada tampilan di layer dan tidak ada aktivitas.
- Komputer tidak dapat di setting hardwarenya, setting kacau dan POST tidak jalan
- Proses no 1 diatas baik tetapi boot operating system tidak sempurna sehingga kita tidak bisa sampai ke desktop. Pada kesalahan ini, yang salah bukan penempatan hardware, tapi karena komputer tidak mampu booting.
- Tidak dapat booting
- Kinerja booting sampai ke windows berlangsung dengan lambat
- Windows exsploler tidak dapat dijalankan, tidak dapat mengcopy, mengganti nama file dan lain-lain
- Start menu tidak dapat dijalankan
- Prosedur Shutdown tidak dapat dilaksanakan
- Prosedur Shutdown berhenti sebelum komputer benar-benar mati
- Proses 1 dan 2 sempurna hingga ke desktop, tetapi ada sebagian program berjalan tidak sempurna atau tidak bisa jalan sama sekali.
- Program tidak ada di start menu, destop
- Program tidak dapat dijalankan
- Kinerja program lambat
- Program selalu meminta CD
- Fungsi-fungsi menu tidak dapat dijalankan
- Tidak ditemukan file data, tidak dapat membuka file data atau ekstensi file data berubah
Cara
Mengatasinya
Untuk
masalah pertama dan kedua, langkah yang pertama kita lakukan adalah mengecek
semua hardware komputer apakah sudah terpasang dengan baik. Kemudian jika
sudah, cek lagi apakah semua hardware yang terpasang itu kompatibel atau tidak
(terutama memory. Bila terpasang 1/lebih memori yang tidak kompatibel
maka akan error sistem windows corupt, jadi lepaskan dulu memory yang tidak
sejenis). Kalau semuanya sudah benar tapi komputer tetap tidak bisa hidup, maka
cobalah instal ulang sistem operasi di komputer anda. Selain itu, sering juga
terjadi eror pada saat kita melakukan booting. Untuk mengatasinya kita bisa
mengatasinya dengan merepair sistem operasi kita, dengan melakukan
langkah – langkah sebagai berikut:
- Masukkan kaset installer OS anda.
- Masukkan dan boot dari CD anda.
- Pada saat muncul pilihan Install atau Repair, tekan [R] pada pilihan [R=Repair].
- Tekan angka atau lokasi yang benar untuk instalasi windows yang ingin diperbaiki, misalnya [Windows = 1].
- Masuk ke drive CD ROM mis [D: > Enter]
- Ketik [CD i386].
- Kembangkan ke folder: [C:WindowsSystem32ntoskrnl.exe].
- Sistem Operasi baru telah diinstalasi di tempat yang berbeda hanya dengan membuat C:Windows.
- Keluarkan CD ROM dan ketik [Exit].
Untuk
yang permasalahan ketiga ini, banyak sekali cara penyelesaiannya. Tergantung
dari jenis kerusakan apa yang terjadi pada software tersebut. Beberapa
permasalahan yang terjadi pada software komputer tersebut antara lain:
- 1. Masalah eror pada program yang sedang berjalan
Komputer
membutuhkan perawatan khusus agar kinerjanya maksimal dan tetap cepat
loadingnya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan komputer
diantaranya adalah mengupdate setiap driver yang terpasang di komputer
tersebut secara berkala, misalnya driver sound, driver VGA, driver chipset, dll.
Kemudian setelah semua driver diupdate, ada baiknya kalau komputer didefag
secara berkala setiap 2 bulan, degan aplikasi defrag yang tersedia. Selain itu
penting juga untuk mengupdate antivirus yang sudah terinstal dikomputer kita,
agar komputer selalu aman.
- Masalah Hardware tidak terdeteksi oleh komputer.
1. Update Driver - Disabled
- Uninstall
Pilihan Update
driver digunakan untuk melakukan pancarian kembali driver
atau melakukan install ulang driver hardware yang mengalami
masalah. Pilihan Disabled digunakan untuk me-nonaktifkan driver
hardware yang sebelumnya aktif. Sedangkan pilihan uninstall digunakan untuk
melakukan penghapusan pada driver yang ada.
Jika
hardware mengalami masalah yaitu tidak terdeteksi oleh Sistem
Operasi, maka anda bisa melakukan langkah Update Driver. Sebagai contoh,
di bawah ini adalah urutan langkah untuk melakukan proses update driver
tersebut.
- Aktifkan Device Manager dan klik cfwerdari perangkat keras yang akan di update.
- Klik tombol Update Driver. Akan muncul tampilan sebagai berikut.
- Dan tampilan di atas. terlihat dua pilihan yang harus dilakukan sebagai berikut: Install Software Automatically. Dengan pilihan ini, komputer akan melakukan pencarian driver secara otomatis. Install from a list spesific location. Opsi ini dipilih jika Anda sudah memiliki disket atau CD driver dari perangkat ke ras yang dipilih untuk di update drivemya.
- Sebagai contoh, pilih opsi [Install Software Automatically] dan kemudian tekan tombol [Next] untuk melanjutkan proses.
- Proses pencarian driver secara otomatis dilakukan oleh komputer. Jika ditemukan driver yang cocok, maka proses akan berhenti.
- Tetapi jika tidak, maka akan muncul tampilan untuk melakukan pencarian lokasi driver secara manual sebagai berikut.
- Untuk menuju lokasi driver yang diinginkan, klik tombol Browse dan can driver atau folder dimana terdapat lokasi driver tersebut. Dan jika file driver sudah ditemukan, ikuti langkah-langkah yang ditunjukkan oleh kotak dialog tersebut sampai proses selesai.
- 2. Masalah shutdown berjalan sangat lambat
Seringkali
masalah shutdown yang terlalu lama disebabkan karena konsekuensi
dari perangkat lunak yang dijalankan ketika proses shutdown
dilakukan. Hal lain yang bisa menyebabkan itu adalah crash antar perangkat keras yang satu dengan
perangkat keras yang lainnya dalam komputer Anda. Jika menemui masalah seperti di atas, lakukan
uji
coba dengan trial and error, program atau perangkat apakah yang
menyebabkan hal itu terjadi. Berikut adalah beberapa analisa yang didapatkan
dari berbagai sumber tentang proses shutdown yang terlalu lambat tersebut.
- Berdasarkan pengalaman, penggunaan service online help pada dari sebuah driver perangkat keras dapat menyebabkan proses shutdown berjalan lambat. Yang pernah terjadi adalah pada komputer yang memiliki driver Nvidia, tepatnya Nvidia Driver Helper. Solusinya adalah matikan service Nvidia Driver Helper tersebut dengan menggunakan [Start > Control Panel > Administrative Tools > Services]. Nvidia Driver Helper tersebut jika aktif akan muncul pada daftar service. Untuk mematikan service tersebut, klik kanan pada status (tepatnya pada tulisan “Started” dan pilih opsi Stop service. Pada tipe service gantilah menjadi Manual.
- Me-nonaktif-kan terminal service juga akan mepercepat proses shutdown komputer. Beberapa ahli mencatat percepatan waktu booting dari 2 menit sampai hanya 10 detik jika Anda menon aktifkan fasilitas tersebut. Perlu dicatat bahwa Terminal Services dibutuhkan jika Anda menjalankan fasilitas Remote Assistance, Fast User Switching, dan Remote Desktop pada Windows XP. Tetapi jika Anda tidak menjalankan aplikasi tersebut maka Terminal service bisa dimatikan. Caranya masih menggunakan menggunakan [Start > Control Panel > Administrative Tools > Services]. Carilah [Terminal service] dan double klik jika ditemukan maka ecara otomatis security system akan menghapus pagefile virtual memori pada saat proses shutdown. Tentu saja hal itu akan memperlambat proses shutdown.
- Anda bisa menon-aktifkan pembersihan page file tersebut dengan menggunakan GPEDIT. Klik [Start > Run…], ketik [GPEDIT.MSC], lalu klik [OK].
- Carilah bagian [Computer Configuration > Windows Settings > Security Settings > Local Policies > Security Options]. Jika sudah ketemu pada bagian sebelah kanan cari opsi [Shutdown: Clear virtual memory Pagefile]. Double klik bagian tersebut untuk menonaktifkan lalu pilih [Enabled].
- Cara lain untuk mempercepat proses shutdown adalah dengan menon-aktifkan event log pada proses shutdown komputer. Caranya seperti pada langkah nomor 1 dan 2 masih menggunakan menggunakan [Start > Control Panel > Administrative Tools > Services].Carilah bagian [Event Log] dan double klik jika ditemukan. Pilih opsi [Disabled] pada kotak [startup type].
1. 3.
Masalah komputer restart sendiri
Untuk
memperbaiki kerusakan komputer dengan indikator Sering Restart secara terus
menerus, kita perlu melakukan tindakan untuk melokalisir kerusakan agar mudah
dalam memperbaikinya. Tindakan melokalisir di sini adalah melokalisir kerusakan
pada perangkat keras atau perangkat lunak. Dengan tindakan ini kita akan
mengetahui dan dapat memastikan bahwa kerusakan kemungkinan besar terjadi pada
perangkat keras maupun perangkat lunak. Melokalisir kerusakan ini untuk
mempermudah dalam proses memperbaiki komputer yang sering restart.
Untuk
melokalisir kerusakan, apakah kerusakan perangkat keras (hardware) ataupun
perangkat lunak (software) silahkan ikuti caranya berikut ini.
- Hidupkan komputer
- Saat komputer mulai menampilkan pesan di monitor, tekan tombol DEL/F2 (untuk masuk ke menu BIOS
- Biarkan tampilan menu BIOS beberapa menit untuk membuktikan bahwa komputer masih tetap restart atau tidak (5 menit).
Setelah
melakukan tindakan di atas maka kita sudah bisa menyimpulkan kerusakan komputer
dan kita sudah bisa melokalisir kerusakan komputer baik pada hardware maupun
apda software.
Hasil
Lokalisir yang disimpulkan adalah apabila komputer tidak restart dengan
sendirinya selama 5 menit yang ditargetkan di atas maka kerusakan bisa
dipastikan terjadi pada perangkat Lunak (sistem operasi). Sedangkan apabila
sebelum 5 menit komputer sudah restart dengan sendirinya maka dapat dipastikan
bahwa kerusakan atau permasalahan terjadi pada perangkat keras.
Langkah
Penyelesaian Apabila Komputer Restrat
- Apabila kerusakan pada software sistem opereasi sebaiknya lakukan tindakan repair Operating System yang terinstall, apabila tidak berhasil juga dalam merepair Operating System (OS) maka langkah terakhir harus installasi ulang OS-nya.
- Apabila kerusakan pada perangkat keras maka lakukan perbaikan dengan mencoba untuk mengganti perangkat keras pengganti, seperti mengganti memori yang terpasang dengan memori yang baru, mengganti power supply dengan power supply yang baru atau menanggalkan perangkat keras yang terpasang seperti CD-ROM/DVD-ROM/CD-DVD-RW dan sebagainya.
0 komentar:
Posting Komentar